Pages - Menu

Selasa, 10 Maret 2009

Tutorial Coreldraw - Missing Font

Dalam tutorial coreldraw kali ini (mungkin ini juga bisa dimasukkan di tutorial photoshop) saya akan menuliskan pengalaman saya ketika kerja di rental komputer. Rental komputer tempat saya bekerja sudah mempunyai pinter laser dimana printer ini jaman dulu jarang dimiliki di rental-rental lain. Kelebihan printer laser ini tidak luntur jika kena air karena menggunakan toner (bukan tinta) dan garis kecil pun akan nampak jelas. Biasanya yang datang untuk jasa print ini orang-orang yang bekerja di tempat penyablonan.

Nah ketika orang tersebut membawa hasilnya untuk diprint terjadi missing font, sehingga design yang sudah jadi dan tertata dengan posisi yang rapi menjadi berubah tidak rapi. Ada font berubah bentuk dan ukuran. Hal ini disebabkan karena jenis font yang ada di komputer orang tadi tidak tersedia di komputer rental. 

Solusinya adalah : Orang tersebut setelah selesai men-design harus men-convert font-font yang ada, dengan cara seleksi semua font terus tekan CTRL+Q atau bisa dicari lewat menu. Dengan mengkonvert font brarti font sudah menjadi objek atau bisa disebut gambar. komputer tidak memperlakukan lagi sebagai font, sehingga jika sudah dikonvert maka font tidak bisa diganti lagi. Kecuali Anda hapus dan menuliskan lagi.

Untuk mengkonvert ini design harus bener-bener jadi. Maksudnya diteliti terlebih dahulu apakah kata atau kalimat sudah ditulis dengan benar. Bisa jadi setelah Anda konvert terus dibawa ke rental untuk diprint, ehhh... ternyata kurang huru "a" nulisnya. hehehe

Solusi yang kedua adalah : anda bawa font-font yang digunakan untuk design. Font tersebut letaknya di folder C:\WINDOWS\Fonts. Copy font tersebut ke media penyimpanan (flashdisk or lainnya). Setelah itu bolehlah anda pergi ke tempat rental untuk ngeprint. Nanti kalau terjadi missing font, copykan saja font yang Anda bawa tadi ke komputer rental di folder C:\WINDOWS\Fonts. 

2 komentar:

  1. sekarang yg jd masalah klo udh missing gt ad ga solusiny, jd kt ga ush plang lg u di convert.tq

    BalasHapus
  2. kalau tidak di convert, solusinya dengan copy font. (solusi kedua)

    BalasHapus